Halo Sobat Masrizky.id, berjumpa lagi ya di blog yang sama, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi terbaru terkait 10 Soal PPPK Teknis Pengelola Layanan Operasional 2024.
Kini admin Mas Rizky Akan Membagikan Latihan Soal PPPK Teknis Khusus Pengelola Layanan Operasional yang dapat dimanfaatkan peserta PPPK 2024 sebagai bahan belajar menghadapi tes seleksi CAT.
Ada sejumlah contoh untuk latihan soal PPPK Teknis Khusus Pengelola Layanan Operasional. Contoh soal tersebut dapat dimanfaatkan peserta sebagai bahan belajar menghadapi tes seleksi kompetensi Periode 1 dan Periode 2 ditahun 2024.
Seleksi kompetensi merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati dalam seleksi PPPK Teknis Tahun 2024 ini. Meskipun demikian, sebelum masuk ke tahap ini, bagi para peserta harus melalui tahap seleksi administrasi berupa verifikasi data dan berkas terlebih dahulu.
Tes Seleksi Kompetensi PPPK Khusus Database BKN 2022 Periode 1 dijadwalkan pada 2 – 19 Desember 2024. Di sisi lain, pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi untuk PPPK Khusus 2024 Periode 1 dijadwalkan pada 17 April – 16 Mei 2025 mendatang.
Jadwal tes Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2024 ini dapat berubah sewaktu-waktu, harap pantau pengumuman terbaru dimasing-masing instasi yang dilamar ya sob.
Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Khusus 2024 Pengelola Layanan Operasional
1. Mengapa audit internal penting bagi instansi pemerintah?
A. Untuk memastikan pegawai mendapatkan bonus tahunan
B. Untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan dalam
proses operasional dan memastikan akuntabilitas publik
C. Untuk meningkatkan keuntungan instansi pemerintah
D. Untuk mempromosikan pegawai
2. Dalam pengelolaan teknologi informasi di layanan publik, apa
tujuan utama dari e-government?
A. Mengurangi jumlah pegawai
B. Meningkatkan akses dan efisiensi layanan pemerintah kepada
masyarakat melalui teknologi informasi
C. Membatasi akses masyarakat terhadap informasi pemerintah
D. Menambah anggaran teknologi
3. Apa keuntungan utama dari penerapan e-government dalam
layanan publik?
A. Mengurangi anggaran pemerintah
B. Mempercepat proses layanan dan meningkatkan transparansi
serta akuntabilitas dalam pemerintahan
C. Mengurangi layanan tatap muka dengan masyarakat
D. Meningkatkan jumlah pegawai IT di instansi pemerintah
4. Salah satu tantangan dalam penerapan teknologi informasi di
layanan publik adalah:
A. Ketersediaan teknologi yang terlalu banyak
B. Kurangnya infrastruktur teknologi dan resistensi terhadap
perubahan di kalangan pegawai
C. Anggaran yang berlebihan
D. Kebutuhan pelatihan pegawai yang sangat sedikit
5. Bagaimana pemerintah dapat meningkatkan efektivitas
penerapan teknologi informasi di layanan publik?
A. Menambah pegawai tanpa pelatihan teknologi
B. Memberikan pelatihan yang memadai kepada pegawai serta
meningkatkan infrastruktur teknologi
C. Mengurangi jumlah pegawai yang berpartisipasi
D. Menghindari penggunaan teknologi dalam layanan publik
6. Dalam konteks hukum dan regulasi pemerintahan, apa yang
dimaksud dengan prinsip “rule of law”?
A. Hukum hanya berlaku untuk masyarakat, bukan untuk pejabat
B. Semua orang, termasuk pejabat pemerintah, tunduk pada
hukum yang sama
C. Pejabat pemerintah memiliki kekebalan dari hukum
D. Hukum dibuat oleh satu pihak tanpa persetujuan
7. Apa tujuan utama dari adanya regulasi dalam pemerintahan?
A. Membatasi kebebasan individu
B. Memastikan bahwa aktivitas pemerintahan berjalan sesuai
dengan peraturan yang berlaku untuk kepentingan umum
C. Menambah jumlah pegawai
D. Mengurangi anggaran untuk pelayanan publik
8. Dalam konteks hukum pemerintahan, apa fungsi dari undang-
undang?
A. Untuk melindungi pejabat pemerintah dari tuntutan hukum
B. Sebagai dasar hukum bagi seluruh aktivitas pemerintahan dan
masyarakat
C. Sebagai pedoman untuk membatasi anggaran belanja
D. Sebagai panduan bagi perusahaan swasta
9. Pengawasan internal di instansi pemerintah bertujuan untuk:
A. Mengurangi pengeluaran anggaran
B. Menilai efektivitas dan efisiensi operasional serta memastikan
kepatuhan terhadap peraturan
C. Menghukum pegawai yang tidak produktif
D. Meningkatkan beban kerja pegawai
10. Apa yang dimaksud dengan audit internal dalam instansi
pemerintah?
A. Proses pengawasan yang dilakukan oleh pihak eksternal
B. Penilaian independen yang dilakukan oleh pegawai internal
untuk mengevaluasi pengelolaan dan kontrol dalam organisasi
C. Proses penilaian kinerja pegawai
D. Laporan keuangan tahunan
Demikian informasi yang dapat mas rizky sampaikan semoga bermanfaat ya, Suksess selalu di PPPK 2024 ini.